Friday, January 17, 2020

Introduction to Software Defined Networking

Software Defined Networking (SDN)

Software Defined Networking atau SDN adalah salah satu arsitektur baru pada jaringan yang bersifat dynamic, manageable, cost-effective, dan adaptable. Konsep dasar SDN adalah dengan melakukan pemisahan antara control plane dan data plane.

Data Plane adalah semua fungsi dan proses forwarding suatu packets/frame dari suatu interface ke interface lain. Sementara Control Plane adalah semua fungsi dan proses yang menentukan jalur mana yang harus ditempuh oleh packets/frame untuk menuju ketujuan seperti Routing,Spanning-Tree,LDP.

Jadi secara singkatnya, kalo control plane sebagai otak nya semetara data plane itu sebagai otot nya.
si control plane yang mikir sementara data plane yang gerak

SDN juga bersifat Vendor Agnostics, artinya tidak bergantung kepada suatu merk product atau vendor tertentu. semua vendor bisa disamakan command / perintah nya dengan SDN ini.

Mengapa SDN ?

Bayangkan anda punya infrastruktur jaringan dengan ratusan bahkan ribuan perangkat didalamnya seperti router dan switch. Bagaimana cara maintenance perangkat yang banyak tersebut tanpa harus mengecek dan menkonfig nya satu persatu? Apa mungkin perangkat yang jumlah nya sangat banyak itu bisa kita konfig dengan konfigan yang sama semuanya ? lalu bagaimana jika perangkat yang banyak tersebut memiliki vendor yang berbeda beda seperti Cisco, Mikrotik, Juniper, HPE, dll. ?

Jawabannya dengan SDN. Karena SDN sifatnya control terpusat, jadi kita bisa menghemat waktu setup konfigurasi tanpa harus setup nya satu persatu. Dengan SDN, device device yang berbeda vendor pun bisa disamaratakan juga.

OpenFlow

Banyak dan sering kali orang mengartikan bahwa openflow adalah sinonim dari SDN, padahal openflow sendiri adalah bagian dari arsitektur SDN yang menghubungkan antara control plane dan data plane.


SDN Controllers

Salah satu manfaat utama dari Controller SDN adalah control nya terpusat, setiap
jalur pada jaringan bisa terdeteksi oleh controller. Jadi bisa tau semisal jika ada link
yang mati atau terjadi congestion.



Vendor-Vendor yang menawarkan SDN Controller salah satunya :

Hasil gambar untuk cisco png      Hasil gambar untuk vmware png   Hasil gambar untuk nuage networks logo

Hasil gambar untuk hpe png   Hasil gambar untuk juniper network png Hasil gambar untuk big switch networks png


begitulah sekilas mengenai teknologi SDN. mengenai materi SDN secara lebih dalam Insya Allah akan dilanjutkan di postingan lain. terimakasih


0 comments:

Post a Comment